Kajian Bersama Wali Murid SDIT Ar-Risalah

Kartasura - (21/11) Kajian rutin bersama Ustadz Tri Asmoro Kurniawan (pengasuh Griya Keluarga Sakinah) yang bertempat di masjid Syuhada', Dregan, Pabelan, Kartasura membahas tentang knsep keluarga SaMaRa yang dihadiri oleh wali murid dan warga sekitar.

Tema kali ini tentang tujuan hidup manusia, yaitu beribadah kepada Allah swt. sebagai mana yang termaktub dalam firman-Nya:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
” Akuu tidak menciptakan manusia dan jin melainkan untuk menyembah-Ku.” (QS. Adz-Dzariat:56).

Itulah sebabnya setiap nabi dan utusan Allah senantiasa menyampaikan tema yang sama dalam dakwahnya, yakni ajakan menyembah Allah swt.
“Wahai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Ilah selain daripada-Nya.” (QS. Al-A’raaf :59).


Ada beberap tipe manusia yang memaknai ibadah, antara lain:
  1. Mereka yang beranggapan bahwa syariat hanyalah pengekang hidup. Jika ia tahu banyak tentang perintah dan larangan, ia merasa tidak bebas, hudup serba diatur. makannya ia hanya mengikuti kajian yang 'bertaraf rendahan'. Guna menghindari larangan yang ada.
  2. Pencari pahala saja. Sekedar kedok. Ia beranggapan kalau sudah haji berarti terbebas dari 'neraka'. Padahal kesehariannya ia korupsi, mencuri, membantah suami, dll. Hanya konsep bertukar pahala.
  3. Benar-benar memaknai ibadah dengan lurus. Bahwa syariat adalah sebuah 'rambu-rambu' yang mengatur hidupnya.
Demikian pemaparan yang disampaikan oleh beliau, semoga bermanfaat bagi warga SDIT Ar-Risalah khususnya, dan juga bagi kaum muslimin pada umumnya. Kajian rutin ini terselanggara setiap hari Kamis jam 07.00 - 08.00 WIB. Bagi yang ingin mengikuti dipersilahkan, karena ini juga terbuka untuk umum.(Januar)

Menguak Hakikat Ibadah

Kategori: Aqidah
2 Komentar // 11 Januari 2011
Allah berfirman,
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56).